Asal dan Sifat Korona

Menurut definisinya korona merupakan hasil terakselerasinya ionisasi dibawah pengaruh suatu medan listrik. Ini merupakan proses fisika dimana struktur molekul netral atau atom diubah akibat benturan atom atau molekul netral dengan elektron bebas, photon atau ion negatif.

Setiap sistem isolasi atau elektroda dimana korona dapat terjadi merupakan sumber korona. Wilayah dimana korona terjadi disebut lokasi korona (corona sites). Dalam Gambar. 1, untuk sistem isolasi sederhana diperlihatkan beberapa lokasi korona yang sering dijumpai dalam kenyataan sehari-hari.

lokasi terjadinya korona

Gambar 1. Lokasi terjadinya korona

Keterangan Gambar 1, antara lain:

  1. Permukaan runcing konduktor yang bersentuhan dengan gas yang dapat bersikulasi dengan bebas.
  2. Daerah tertentu pada permukaan material isolasi yang bersentuhan dengan gas yang memiliki resistivitas permukaan yang lebih rendah dibandingkan wilayah yang mengelilinginya sehingga muatan-muatan bebas dapat terbentuk pada daerah itu hingga tegangan diantara daerah itu dan daerah lainnya cukup tinggi untuk menyebabkan terjadinya korona di udara yang mengelilinginya.
  3. Sela diantara permukaan bidang konduktor dan material pengisolasi yang berisi gas dimana medan listrik timbul dengan kekuatan yang cukup untuk memulai tembus listrik gas bukan material isolasi padat yang memisahkan elektroda sistem.
  4. Rongga atau celah berisi gas yang dikelilingi sebagian atau seluruhnya oleh permukaan konduktor dan material pengisolasi padat atau cair.
  5. Rongga berisi gas yang dikelilingi seluruhnya oleh material pengisolasi padat ataupun cair, biasanya disebut kekosongan (void) terlepas dari kenyataan bahwa mereka terisi dengan gas dengan kerapatan yang dapat sangat bervariasi tergantung tekanan dan temperatur gas.

Penjelasan terjadinya korona pada dielektrik udara dapat dijelaskan di dibagian KORONA PADA DIELEKTRIK GAS

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: