Beda potensial itu apa yah…!!

Beda potensial adalah istilah yang digunakan untuk menjelaskan berapa besar gaya elektrostatik yang terjadi diantara dua bermuatan. Jika suatu benda bermuatan berada diantara dua benda yang memiliki beda potensial, benda bermuatan tersebut akan bergerak ke salah satu arah tergantung pada polaritas dari benda tersebut.

Jika suatu elektron berada diantara benda bermuatan negatif dan benda bermuatan positif, hal ini terjadi dikarenakan oleh beda potensial tersebut mendorong elektron ke arah benda bermuatan positif. Elektron tersebut menjadi muatan negatif, yang akan ditolak benda bermuatan negatif dan ditarik benda bermuatan positif, seperti pada Gambar 1 di bawah ini.

Gambar 1. Beda potensial antara dua benda bermutan

Dalam kaitannya dengan medan elektrostatik, muatan listrik mempunyai kemampuan untuk melakukan kerja dengan menarik atau menolak suatu partikel yang bermuatan. Kemampuan untuk melakukan kerja ini yang disebut “potensial”. Oleh karena itu, jika suatu medan berbeda dari yang lain, akan ada suatu beda potensial diantaranya. Jumlah beda potensial dari seluruh partikel bermuatan dalam medan elektrostatik disebut dengan gaya gerak listrik (GGL).

Voltage (Tegangan)

Satuan dasar pengukuran beda potensia adalah volt (simbol V) dan karena satuan volt yang digunakan, beda potensial disebut tegangan. Suatu benda bermuatan listrik ditentukan dengan jumlah elektron yang diperoleh atau hilang. Karena sangat besarnya jumlah elektron yang pindah maka disebut dengan “coulomb” digunakan untuk menjelaskan muatan. Satu coulomb sama dengan 6.28 x 1018 elektron.

Sebagai contoh, jika suatu benda memperoleh satu coulomb muatan negatif, sama halnya diperoleh 6.280.000.000.000.000.000 elektron. Volt dijelaskan sebagai perbedaan potensial yang menyebabkan satu coulomb arus melakukan satu joule pekerjaan.

Volt juga didefenisikan sebagai banyaknya gaya yang dibutuhkan untuk memaksa satu ampere arus melewati satu ohm resistansi.

 

Sumber: Electrical Engineering Portal

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: