Tempat Terdalam di Bumi!

Palung mariana yang merupakan lokasi terdalam di dunia menyimpan sejuta misteri. Termasuk makhluk-makhluk unik yang dapat bertahan dalam kondisi ekstrim di laut terdalam.
Pertama kali diteliti pada 1951 oleh kapal Angkatan Laut Britania, Challenger II, yang memberikan nama titik terdalam dari palung tersebut Kedalaman Challenger. Menggunakan gema suara, Challenger II mengukur kedalam 5.960 fathom (10.900 m) pada 11° 19′ U, 142° 15′ T. Penyuaraan ini diulang berkali-kali menggunakan ‘earphone’ untuk mendengar sinyal yang kembali ketika ‘stylus’ melewati skala kedalaman ‘graduated’, sementara itu ketika pengukuran waktu kecepatan mesin gema-suara, sebuah bagian yang diperlukan dari proses ini, ditangani dengan ‘stopwatch’. Untuk alasan ini dianggap cukup berhati-hati untuk mengurangi satu skala divisi (20 fm) ketika mengumumkan resmi kedalaman baru 5.940 fm (10.863 m).
Di dasar Palung Mariana, air memberikan tekanan sebesar 1.086 bar (108 MPa atau 15.751 psi).

Dan jika palung ini dibandingkan dengan puncak bumi yang tertinggi di dunia yaitu mount everest yaitu 8888 meter ( mungkin udah bertambah skrang,krena lempengnya selalu mengalami gerakan)

Palung mariana : Mount everest = 10 : 8
berikut lokasi Palung Mariana :
kedalaman palung mariana sendiri adalah 10.863 meter atau sekitar 10 kilometer, sementara tekanan di bagian terdalam palung tersebut mencapai 8 ton per inci persegi atau akan membuat badan manusia pecah tak berbentuk. (untuk gambaran tekanan 8 ton per inci persegi = tekanan yang di terima seluruh tubuh, jadi kuku jempol juga menerima tekanan sebesar 8 ton…)Sementara itu, panjang palung mariana adalah sebesar 2,542 km dengan lebar 69 km… Dua gambar di bawah ini adalah ilustrasi kedalaman palung mariana, dengan lekuk tebing dan kedalaman yang ekstrem.
gambar relief palung mariana
gambar perbandingan permukaan laut dengan dalamnya
Kedalaman laut dengan tekanan luar biasa tinggi ini awalnya dianggap hanya dihuni oleh spesies primitif, namun penemuan belakangan ini menunjukkan bahwa di dalam laut terdalam terdapat banyak spesies yang bahkan belum bisa diidentifikasi. Beberapa merupakan makhluk yang ukurannya kecil, namun mereka bisa bertahan dalam kondisi lingkungan yang paling ekstrim.

Berikut ini adalah gambar-gambar dari makhluk unik penghuni palung mariana.

yang ini bahkan belum ada nama latinnya
menurut sejarah……
Ekspedisi yang pernah dilakukan manusia dengan penyelaman laut dalam dengan menggunakan alat, baru cuma sampai kedalaman 2500 meter…..
Dan ini merupakan ekspedisi bawah laut dengan alat yang berawak…..
Tapi coba bandingkan dengan yg ini …..

Kedalamannya aja mncapai 10.863 meter ……..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: